Daerah  

Serasehan Lomba Petugas O & P Jaringan Irigasi Wiji Tingkat Provinsi Jawa TengahTahun 2024

Salaman|Mediacakranews.com-UPTD PJI Wilayah Salaman Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kabupaten Magelang mengikuti Lomba Kinerja Petugas Oprasional dan Pemeliharaan (OP) Jaringan Irigasi Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2024 pada hari Kamis, 06 Juni 2024.

Hadir dalam kegiatan tersebut Staff Ahli Bapak Wisnu, Kepala Dinas PUPR Kab. Magelang, Kepala Balai PSDA Probolo, Forkompincam Tempuran, Forkompimcam Salaman, Kabid Irigasi DPUPR Kab. Magelang, Kepala UPT PJI Salaman, Kepala UPT PJI Muntilan, Kepala Desa Kebonrejo, Kepala Desa Jebengsari, Kepala Desa Sidomulyo, Kepala Desa Tanggulrejo, Kepala Desa Sidoagung, Kepala Desa Ringinanom, dan P3A Kebonrejo Jebengsari Sidomulyo Tanggulrejo Sidoagung dan Ringinanom.

“Dalam acara tersebut Kepala Dinas PUPR Kabupaten Magelang, David Rudiyanto, S.T., M.T., menyampaikan lomba ini merupakan kegiatan yg membanggakan bagi kami untuk bisa saling berkumpul menambah ilmu dan menyambung silaturahmi. Ucapnya

Beliau mengucapkan selamat datang kepada tim juri di UPTD PJI Salaman. Dengan adanya lomba ini kami mengharapkan kerjasama stakeholder dapat berjalan dan irigasi dapat berjalan dengan baik, kebutuhan air petani dapat terpenuhi maka ketahanan pangan dapat terwujud.

“Dalam kesempatan tersebut Irawan Insan Widodo,S.T., M.T., selaku dewan juri menyampaikan bahwa lomba ini menjadi salah satu wujud pembinaan kami di Provinsi untuk Kabupaten. Adapun aspek yang akan kami nilai diantaranya sebagai berikut:

1. Aspek kelembagaan
2. Aspek hukum
3. Aspek lapangan
4. Aspek operasi
5. Aspek pemeliharaan
Dalam kunjungan nya kali ini sasaran lomba adalah 60% penilaian administrasi maupun lapangan dan 40% nya pada waktu sarasehan pemaparan materi tanggal 20 Juni nanti di Solo.

Di akhir acara akan kami lakukan evaluasi yang akan menjadi saran, masukan maupun koreksi untuk kinerja OP Irigasi.

“Nur Akhsani selaku Mantri Pengairan yang mengikuti lomba memaparkan selayang pandang Daerah Irigasi Wiji yang mempunyai luas areal 684 ha dan panjang saluran 4,8 km terdiri dari 1 Mantri, 3 penjaga pintu air dan 1 pekarya saluran.

Ia mengajak gerakan paseduluran tunggal banyu, kami tidak bisa bekerja sendiri, peran serta masyarakat p3a gp3a dalam pengelolaan irigasi sangat diperlukan guna mewujudkan ketahanan pangan.

“Sementara di tempat yang sama Kepala Balai PSDA Probolo fredy nurcahya S.T.M.T menambahakn mengucapkan terima kasih Kepada Kepala Dinas Pekerjaan Umu dan Perumahan Rakyat ( DPUPR ( David Rudiyanto S.T.M.T yang telah memberikan sambutan sangat luar biasa hasil dari evaluasi lomba OP semua aspek sudah baik dengan hasil yang sangat memuaskan .jelas fredy

Beliau juga mengatakan keberhasilan oprasi dan pemeliharaan irigasi tergantung pada kemampuan serta kompetensi dari juru pengairan.

“Serta para petugas oprasi dan pemiharaan merekalah yang telah langsung melalaksanakan tugas pembagian air di lapangan berkordinasi dengan para P3A maupun GP3A. Kata fredy

[Sumarno Cakra]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *