Job Fair SMK Negeri 3 Salatiga Diserbu Ribuan Pencari Kerja

Salatiga| MEDIACAKRANEWS.COM- 27 perusahan nasional dan multinasional hadir pada pelaksanaan job fair yang dilaksanakan oleh SMKN 3 Salatiga,sebanyak seribu para calon pencari kerja dan alumni mengikuti acara tersebut.

Job Fair selama dua hari Selasa-Rabu, 24-25/10  dibuka Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 5 Jateng, Agung Wijayanto SPd MPd, di Gedung Olahraga SMKN 3 Salatiga Jl Jafar Shodiq Kelurahan Kalibening, Kecamatan Tingkir Salatiga.

”Kegiatan yang dilaksanakan SMKN 3 Salatiga ini merupakan acara yang spesial, karena memberikan kesempatan kepada lulusan SMK bertemu dengan perusahaan yang membutuhkan lulusan SMK. Job Fair ini sebagai upaya mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran, dengan membuka peluang kerja kepada para lulusan SMK,” kata Agung Wijayanto.

Menurut Agung Wijayanto, hadirnya perusahaan di SMKN 3 merupakan kolaborasi menyalurkan para lulusan SMK, agar dapat segera bekerja.

Perusahaan atau industri sangat membutuhkan banyak sekali tenaga lulusan SMK berdasarkan kompetensi yang dimiliki lulusan.

Agung juga memberikan apresiasi kepada lulusan SMKN 3 Salatiga di berbagai perusahaan ikut terlibat dalam kegiatan Job Fair tersebut.

Dia berharap agar program Job Fair itu dapat dilaksanakan secara rutin.

Sementara itu Kepala SMKN 3 Salatiga Dyah Sulistyorini SPd MPd menerangkan, Job Fair di SMKN 3 ini merupakan kerja sinergi dengan sejumlah pihak termasuk perusahaan yang terlibat dalam kegiatan tersebut.

Job Fair tidak hanya merekrut lulusan SMKN 3 Salatiga tetapi juga lulusan SMK dari berbagai daerah.

Berdasarkan data peserta ada lulusan SMK dari Majalengka, Solo, Kudus, dan beberapa daerah lainnya di Jabar, DIY, dan Jatim.

Dari 27 industri peserta job fair ada 19 yang on site dengan hadir secara langsung. Industri lainnya bisa didaftar secara online.

Kami berbangga karena SMKN 3 Salatiga sebagai SMK Pusat Unggulan, bisa menggelar job fair menyalurkan lulusan SMK masuk ke dunia kerja yang dibutuhkan industri/perusahaan,” jelas Dyah.

Menurut Dyah, Job Fair SMKN 3 Salatiga ini merupakan tindak lanjut kerja sama industri, dengan semua jurusan yang sudah terjalin selama ini.

Di SMKN 3 ada 6 kompetensi jurusan yakni Teknik Mekatronika, Teknik Ototronik, Teknik Sepeda Motor, Teknik Geomatika, Teknik Pengelasan, serta Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura.

Sementara Sigit Sudomo S.E Kepala Bidang Ketenagakerjaan Kota Salatiga mengatakan Job Fair ini adalah langkah nyata dalam upaya mempertemukan secara langsung pemberi kerja dan pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan dengan tujuan mengatasi permasalahan pengangguran yang ada di kota Salatiga.

 

(CMN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *