Daerah  

Jadi Nominator ADLG Award, Sekda Kabupaten Pekalongan Sampaikan Paparan di Depan Tim Penilai

JAKARTA|Mediacakranews.com-Sekretaris Daerah Kabupaten Pekalongan, M. Yulian Akbar, S.Sos, M.Si menyampaikan paparan sebagai finalis Askompsi Digital Leadership Government Award (ADLG) Awards 2024 di depan perwakilan Menteri Dalam Negeri dan tim penilai dari sejumlah instansi lainnya, di Hotel Double Tree by Hilton Jakarta (27/06/2024).

Kegiatan dibuka oleh Dr H Suhajar Diantoro, M.Si (Tenaga Ahli Utama Mendagri/ Wakil Rektor IPDN) mewakili Mendagri, dilanjutkan dengan pengundian nomor urut paparan. Kemudian paparan dari masing-masing finalis, dan dilanjutkan sesi tanya jawab dari tim penilai kepada finalis.

Tim Penilai yang hadir yaitu dari Dirjen Bina Bangda Kemendagri yang diwakili Koordinator Substansi Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian, Direktorat Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah II, Ditjen Bina Pembangunan Daerah, Dr. Ucup Hidayat,S.Si.,MM,

Penilai lainnya yaitu Prof. DR. Agus Heruanto Hadna (Guru Besar Departmen Manajemen dan Kebijakan Publik Universitas Gajah Mada), Dr. Gerry Firmansyah, S.T.M.Kom (Direktur Eksekutif Wantiknas), Dr. Andi Yuniantoro, S.Si, M.Kom (CEO Inixindo Jogja).

Finalis terdiri atas 9 orang yang merupakan nominator yang lolos di tahap visitasi pada tanggal 5 Juni 2024. Ke sembilan finalis tersebut merupakan sekretaris daerah yang berasal dari masing-masing 3 Provinsi/Kabupaten/Kota di Indonesia.
Asosiasi Dinas Kominfo Provinsi Seluruh Indonesia (Askompsi) dan Kemendagri setiap tahun memberikan penghargaan ADLG Awards kepada sekretaris daerah.
Penghargaan diberikan sebagai wujud apresiasi terhadap kinerja kepemimpinan dalam kerangka digitalisasi pemerintahan, diantaranya dalam pelaksanaan regulasi terkait implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang sangat bergantung pada sekda, selaku koordinator SPBE.

Selain itu, juga komitmen dan teladan kepala daerah, sekretaris daerah dinilai sebagai kunci utama dalam keberhasilan transformasi digital di Indonesia.
Agenda penghargaan tahunan kepada sekretaris daerah di seluruh Indonesia tersebut merupakan pelaksanaan yang ketiga kalinya. Penganugerahan ADLG Award bertujuan untuk membantu mempercepat transformasi digital di daerah, sesuai Perpres 82 Tahun 2023 tentang Percepatan Transformasi Digital dan Keterpaduan Layanan Digital Nasional. Penghargaan diberikan kepada sekretaris daerah provinsi dan sekretaris daerah kabupaten/kota di seluruh Indonesia.
Penilaian ADLG Award terbagi dalam 3 klaster, yaitu seleksi awal berbasis data dukung, visitasi pembuktian aksi serta paparan tanya jawab panelis di Kemendagri.

( cakra )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *