Daerah  

Bupati Pemalang Serahkan Bantuan Keuangan Untuk Partai Politik

PEMALANG|Mediacakranews.com-Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, secara simbolis menyerahkan bantuan keuangan kepada Partai Politik di Kabupaten Pemalang. Penyerahan ini dilakukan di Gedung Sasana Bhakti Praja Pemalang.Pada Rabu tanggal 29 Mei 2024,

Dalam sambutannya, Bupati menyatakan bahwa bantuan keuangan ini merupakan bentuk dukungan dari Pemerintah Daerah untuk meningkatkan kualitas pendidikan politik bagi warga masyarakat, terutama melalui partai politik di Indonesia.

Bupati berharap agar bantuan ini dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi politik warga di Kabupaten Pemalang.

“Bantuan keuangan ini diberikan dalam dua tahap karena adanya pergantian keanggotaan DPRD dari periode 2019-2024 ke periode 2024-2029. Tahap kedua akan disalurkan setelah keanggotaan DPRD Kabupaten Pemalang periode 2024-2029 terbentuk dan dilantik,” ungkapnya.

Bupati menekankan bahwa bantuan keuangan ini bertujuan untuk membangun Partai Politik yang modern sebagai pilar demokrasi di Indonesia. Oleh karena itu, ia meminta agar pengelolaan bantuan ini dilakukan secara profesional, transparan, dan akuntabel.

“Kepada pengurus partai politik, saya mengimbau agar setelah menerima bantuan, penggunaannya direncanakan dengan baik. Prioritas utamanya adalah melaksanakan pendidikan politik bagi anggota partai politik dan warga masyarakat,” Ujarnya.

Pendalaman mengenai empat pilar berbangsa dan bernegara (Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia) serta pemahaman mengenai hak dan kewajiban sebagai warga negara menjadi bagian dari kegiatan pendidikan politik yang relevan .

Sementara itu Bakesbangpol Kabupaten Pemalang, di bawah kepemimpinan Bagus Sutopo, mengumumkan pelaksanaan kegiatan penting berdasarkan undang-undang partai politik.

“Menurut Pasal 34 ayat 1 undang-undang nomor 2 tahun 2008, keuangan partai politik diperoleh dari iuran anggota, sumbangan yang sah, dan bantuan keuangan dari anggaran negara atau daerah,” jelasnya.

Dalam upaya mendukung kegiatan politik, Bupati Pemalang mengeluarkan Keputusan Nomor 100.3.3.2/230/2024 tentang bantuan keuangan tahap 1 kepada partai politik, mengalokasikan dana dari APBD Kabupaten Pemalang 2024.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan bantuan keuangan kepada partai politik, serta menyelenggarakan pendidikan politik bagi anggota partai dan masyarakat,” terangnya.

Tahap pertama bantuan keuangan tersebut, berdasarkan hasil pemilu tahun 2019, akan diberikan kepada 7 partai politik dengan total dana sebesar 1.245.220.000 rupiah.

(Cakra/Sukma)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *