Pangdam IV/Diponegoro berkomitmen penuh dukung Program Ketahanan Pangan Nasional

Kendal|Mediacakranews.com – Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Deddy Suryadi S.I.P., M. Si., terjun ke lapangan memimpin Panen Raya bersama Rakyat Komoditas tanaman Jagung di Lahan TNI AD yang berlokasi di Desa Sidokumpul, Kecamatan Patekan, Kabupaten Kendal, pada Sabtu (22/6/2024).

Dengan menggandeng para Petani di sekitar lahan serta menggerakkan prajurit Kodim 0715/Kendal, Kodam IV/Diponegoro telah berhasil mengoptimalkan tanah seluas 243 hektar menjadi lahan produktif untuk komoditas tanaman Jagung.
Lahan perkebunan tersebut dikelola oleh Yayasan Rumpun Diponegoro yang juga dimiliki oleh Kodam IV/Diponegoro.

Pangdam IV/Diponegoro berkomitmen penuh dan memberikan arahan khusus kepada seluruh satuan di jajarannya guna merubah Lahan tidur milik TNI AD menjadi lahan produktif penghasil pangan demi tetap tersedianya bahan makanan pokok bagi masyarakat dalam rangka mendukung penuh Program Ketahanan Pangan Nasional.

Dalam sambutannya, Pangdam menyampaikan tentang perbandingan perkembangan jumlah penduduk yang semakin bertambah dengan cepat dihadapkan dengan kebutuhan bahan makanan pokok yang pasti bertambah, oleh sebab itu dibutuhkan segala daya dan upaya agar dapat menjamin ketersediaan stok pangan nasional.

Upaya Kodam IV/Diponegoro dalam menggenjot produksi pangan di wilayah Teritorialnya telah dilakukan mulai dari perbaikan sistem pengairan dengan program Pompanisasi secara terkoordinasi dengan Kemeterian Pertanian RI, penyuluhan pertanian bekerjasama dengan OPD Terkait, pendampingan distribusi pupuk, pengelolaan hasil panen, hingga pengawasan dan evaluasi berjenjang dari Staf Kodam.

Pangdam juga menyampaikan bahwa pada Panen Raya jagung kali ini diperkirakan mencapai hasil 1.500 Ton.

“Saya yakin kalau kita bisa lebih fokus dan bekerja lebih keras maka hasilnya akan lebih banyak lagi. Tentunya dengan berbagai cara mulai dari pemilihan bibit sampai nanti saat tahap perawatan,” ungkap Pangdam.

Mengakhiri sambutannya, Pangdam berharap Dukuh Pablengan Desa Sidokumpul akan menjadi kawasan yang memiliki ciri khas sebagai Desa penghasil Jagung.

Bupati Kendal Dico M. Ganinduto, B. Sc., menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Kodam IV/Diponegoro atas kolaborasi dan sinerginya dalam mendukung program ketahanan pangan di Kabupaten Kendal.

“Terima kasih kepada Pangdam IV/Diponegoro atas kolaborasi terkait dengan program ketahanan pangan di daerah kami, harapannya sinergitas ini bisa terus kita tingkatkan,” ujarnya.

Ditambahkan bahwa Pemkab Kendal akan terus mendukung upaya peningkatan hasil pertanian di wilayahnya.

Sementara itu dari Yayasan Rumpun Diponegoro melalui Komisaris PT. RSA Bapak Muhammad Mustaqin turut menyampaikan komitmen perusahaan untuk mendukung program Ketahanan Pangan Nasional dan peningkatkan kesejahteraan petani.

“Kami dari PT. Rumpun Sari Antan selaku kepanjangan tangan Yayasan Rumpun Diponegoro bersama dengan 320 mitra petani binaan Kodam IV Diponegoro siap mendukung penuh seluruh kebijakan Pangdam IV/Diponegoro,
Hingga saat ini produksi pertanian di Pablengan kurang lebih 7 sampai 8 Ton per hektare dan apabila Instruksi dan arahan dari Bapak Pangdam tadi dijalankan, Insha Allah pada saat musim tanam berikutnya kita akan bisa mencapai 10 hingga 12 Ton Jagung per hektar.

Acara Panen Raya Jagung tersebut turut dihadiri oleh Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Budi Irawan, S.I.P., M.Si., Kapok Sahli Pangdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Bambang Sujarwo, S.H., M.Sos., M.M., para Asisten Kasdam, para Kabalakdam IV/Diponegoro, Bupati Kendal beserta jajaran Forkopimda dan OPD Terkait, Dirut Bank Jateng dan BRI, Ketua Yayasan Rumpun Diponegoro dan Ketua Persit KCK Daerah IV/Diponegoro beserta pengurus serta seluruh Warga masyarakat di sekitar lahan perkebunan.

(Pendam IV/Diponegoro/Cakra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *